Jangan Abaikan, Osteoporosis Bagaikan Pembunuh Berdarah Dingin



Jakarta, Setiap dua menit, wanita berusia di atas 50 tahun, mengalami retak atau patah tulang. Lebih parah lagi, satu dari lima wanita baru menyadari bahwa tulangnya rapuh setelah tiga tulangnya retak.
          Data tersebut dirilis National Osteoporosis Society (NOS) di Inggris. Karena masih ada yang tidak menyadari kerapuhan tulangnya, tak heran jika setidaknya tiga tahun setelah menopause, seorang wanita bisa 'kalah' dalam pertarungan mempertahankan kesehatan tulangnya. Satu dari empat wanita yang mengalami masalah tulang akibat osteoporosis dan dirawat di rumah sakit, bahkan keluar rumah sakit tanpa nyawa.
            Laporan terakhir NOS menyatakan sebuah penelitian terhadap 1.551 orang di Inggris melibatkan 972 wanita berusia 50-70 tahun. Hasilnya, ternyata para dokter dan tenaga medis kesulitan dan seringkali gagal mendeteksi gejala osteoporosis lebih awal. Satu di antara delapan orang yang memiliki lebih dari tiga tulang retak mengatakan dokter mereka tidak pernah sekalipun membahas tentang osteoporosis. Demikian dilansir Mirror, Kamis (14/11/2013).
            Sekitar 2,3 juta wanita berusia di atas 50 tahun mengalami osteoporosis. Survei tersebut menemukan rata-rata setiap retakan atau patahan tulang terjadi dalam 40 hari sekali. Tulang yang keropos ini membuat banyak orang menjadi kerepotan dalam beraktivitas sehari-hari, seperti menyetir mobil, melakukan pekerjaan rumah, bahkan mandi dan memasak.
            Masalahnya, osteoporosis ibarat 'pembunuh berdarah dingin', sebab tidak ada gejala yang jelas terjadi selain tulang retak atau patah akibat pengeroposan. Begitu seseorang mengalami retak atau patah tulang pertama kali, besar kemungkinan itu terjadi pada tulang lainnya pula.
            Di Inggris, setiap tahun ada 300.000 kasus kerapuhan tulang terjadi pada tulang punggung. Setelah patah pertama, patahan atau retakan lain akan sering terjadi dalam 1 hingga 5 tahun berikutnya. Bila kondisi ini dibiarkan, penderita tidak akan dapat mengambil langkah yang tepat untuk melindungi dirinya.

(vit/vit)






sumber: http://health.detik.com/read/2013/11/14/192524/2413544/763/jangan-abaikan-osteoporosis-bagaikan-pembunuh-berdarah-dingin?l992205755

Posting Komentar