Hal-hal Ini Ditengarai Sebabkan Gangguan Bipolar

Jakarta, Di satu periode, seseorang terlihat sangat menggebu-gebu namun di saat yang lain sangat depresi. Hal ini bisa saja terjadi karena yang bersangkutan mengalami gangguan bipolar. Nah, apa saja penyebab gangguan bipolar?


Psikolog Githa Bahagiastri menyebut gangguan bipolar muncul sebagai kombinasi dari beberapa faktor. Faktor-faktor tersebut adalah faktor biologis, faktor kepribadian, faktor pola asuh dan lingkungan, serta faktor stresful di lingkungan sebagai pemicu.

"Faktor biologis merupakan faktor utama yang sangat berperan dalam pembentukan bipolar seperti genetika, ketidakseimbangan bio-kimiawi di otak yaitu di neurotransmitter dan dopamin, serta di prefontal cortex," tutur Githa dalam kumpul bareng Bipolar Care Indonesia di Kedai Lentera, Jl Sawo Manila, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, dan ditulis pada Minggu (3/11/2013).

Jika seseorang menengarai dirinya memiliki gejala gangguan bipolar karena memiliki mood swing, hendaknya pergi ke psikiater atau psikolog untuk menegakkan diagnosa. Jika sudah positif terkena gangguan bipolar, umumnya psikiater akan memberikan obat seperti mood stabilizer, anti depressant, dan anti psychotic.

"Tratment-nya juga dengan psikoterapi berupa konseling dengan psikolog atau psikiater, dan juga self management. Self management ini dengan mengenali simptom dan membuat catatan, mengenali kapan jadwal konsultasi ke psikiater, dan melakukan pola hidup sehat seperti tidur teratur," tutur Githa.

Githa juga menyarankan untuk melakukan olahraga secara teratur, menghindari alkohol, narkoba dan rokok, juga agar makan makanan yang sehat. "Bisa juga dengan mempunyai kegiatan sehari-hari yang rutin," sambungnya.

Menurut Githa, perempuan yang baru saja melahirkan bisa saja terkena gangguan bipolar. Hal ini perlu diwaspadai karena produksi estrogen yang turun bisa menyebabkan perubahan mood. Namun tidak bisa serta-merta divonis sebagai penderita bipolar. "Karena harus dilihat dulu depresinya seperti apa, apakah diikuti manic juga," papar Githa

sumber: http://health.detik.com/read/2013/11/03/120113/2402555/763/hal-hal-ini-ditengarai-sebabkan-gangguan-bipolar

Posting Komentar